image description
image
  • 2023-10-23
  • PSKM
  • 1303
  • Kegiatan prodi
Penyerahan Mahasiswa Magang di Berbagai Institusi

 Hari ini (Senin/23 Oktober 2023), Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat menyerakan mahasiswa Magang/Praktek Belajar Lapangan 3 di berbagai institusi terkait. Kegiatan ini merupakan pengenalan suasana kerja yang akan dihadapi oleh mahasiswa, agar dapat siap pakai dan siap terjun di dunia kerja setelah menyelesaikan studi. Untuk mencapai hal tersebut maka mahasiswa disiapkan lebih mengenal secara dini lingkungan kerja seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM). Upaya-upaya pengenalan dunia kerja dilakukan melalui proses belajar mengajar dalam bentuk Magang, kuliah dan orientasi program kerja. 

Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat memaparkan bahwa magang wajib diikuti oleh mahasiswa PSKM semester 7, dengan penempatan sesuai dengan peminatan masing-masing. Kegiatan ini bersifat terencana dan terbimbing dalam bentuk praktik kerja di instansi pemerintah, swasta atau lembaga masyarakat guna memberikan pengalaman belajar tentang aplikasi keilmuan di lokasi tempat praktik untuk meningkatkan kompetensi kerja lulusan. Praktik Pengalaman Belajar Lapangan menjadi pembelajaran lapangan bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan keilmuan yang didapatkan selama belajar di kampus. Setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan capaian profil lulusan Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari Manager (manajer), Leader (pemimpin), Researcher (peneliti), Educator (pendidik/ penyuluh/ pemberdayaan Masyarakat), Communicator (influencer/ advocator/ negosiator), Enterpreneur (wirausahawan) dan Consultant (konsultan). 

Pada semester ganjil Tahun Akademik 2023/2024 kegiatan akan berlangsung dari tanggal 23 Oktober – 25 November 2023, yang diikuti oleh sebanyak 35 mahasiswa dengan institusi yang menjadi tempat magang yaitu: 

1.     Instansi pemerintah 

a)     Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) 

b)     Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) 

c)     Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Jawa Tengah 

d)     Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Semarang 

2.     Swasta dan Industri 

a)     PT. UPT PLN Semarang 

b)     PT. UP2B PLN – Jawa Tengah & DIY 

c)     PT. Bina Guna Kimia 

d)     PT. Ghani Riksa Darma Technology 

e)     PT. Yura Prima Solusindo 

”Semoga kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses seuai dengan tujuan dan target yang harus dicapai” demikian pungkas Sri Wahyuni selaku Ketua Prodi pada saat acara pembekalan. 

Keterangan Foto:  Penyerahan mahasiswa magang di BBWS Pemali Juana (Proyek Bendungan Jragung) oleh dosen pembimbing (Alfan Afandi, S.KM.,M.Kes.Epid)



Kategori

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: pskm@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023