image description
image
  • 2023-12-01
  • PSKM
  • 1138
  • Kegiatan Mahasiswa
Pelatihan Promkes HIV AIDS Dalam Rangka Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS)

  HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome) merupakan salah satu masalah kesehatan global yang telah berdampak pada jutaan orang di seluruh dunia. Data terbaru menunjukkan bahwa penularan HIV terus berlanjut, dan banyak orang yang terinfeksi HIV tidak memiliki akses yang memadai ke perawatan, pendidikan, dan dukungan yang mereka butuhkan. Selain itu, stigma dan diskriminasi terhadap individu yang hidup dengan HIV/AIDS masih ada, dan merupakan hambatan besar dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini. 

Mahasiswa kesehatan masyarakat adalah calon tenaga kesehatan masyarakat yang berpotensi besar untuk berperan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Berbagai pelatihan perlu diikuti mahasiswa untuk menambah kompetensi mahasiswa dalam berbagai aspek, khsususnya terkait HIVAIDS. Pemahaman tentang penyakit, perkembangan, program pencegahan dan penanggulangannya, serta kemampuan mahasiswa dalam melakukan pendekatan komunikasi ke sasaran/masyarakat masih perlu terus untuk ditingkatkan. 

Pelatihan ini merupakan implementasi praktik dari mata kuliah Diklat dan Promkes HIV,  juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia HAS) yang jatuh setiap tanggal 1 Desember. Kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar dan penuh antusias. Adapun narasumbernya yaitu: Taufik Kurniawan S.Si., M.Kom dan  Fitra Ardianto, S.IP dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Semarang, Romsanah, S.K.M. dari Puskesmas Bergas, serta Dr.Sigit Ambar Widyawati, S.KM.,M.Kes. dari Universitas Ngudi Waluyo. 

Selamat Memperingati Hari AIDS Sedunia (1 Desember 2023)  "Let Communities Lead" 

 



Kategori

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: pskm@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023