image description
image
  • 2023-08-01
  • PSKM
  • 1369
  • Kegiatan prodi
Pelatihan Pengelolaan Limbah Padat oleh Tim Mahasiswa PKM PM UNW

Tim PKM-PM Universitas Ngudi Waluyo mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan program “Peningkatan Kualitas Hidup Melalui Pelatihan Pengelolaan Limbah Padat Tekstil Pada Karang Taruna Desa Sekebrok Dalam Mewujudkan Smart People And Economy”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam pengelolaan limbah padat tekstil, dan pemanfaatan digital marketing sebagai sarana penjualan produk hasil kerajinan. Kegiatan ini masing-masing terdiri dari penyuluhan dan praktik secara langsung. Kegiatan penyuluhan dan praktik ini juga dapat menambah kekompakan, solidaritas, mengembangkan kreativitas, serta partisipasi dalam kegiatan selanjutnya. 

Dalam pelatihan pengelolaan limbah padat tekstil tersebut Karang Taruna membuat produk scrunchie dengan dua metode yaitu metode jahit dan menggunakan lem. Kegiatan ini juga menayangkan video tutorial pembuatan produk lain seperti totebag, pouch, fashion, dan aksesoris. Pelaksanaan kegiatan melibatkan  beberapa kelompok di Karang Taruna AKRAB di Desa Beji Sekebrok, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Tiap kelompok membuat produk kerajinan berbahan dasar limbah padat tekstil berupa kain perca yang memiliki nilai ekonomis. Adanya kegiatan pelatihan pengelolaan limbah padat tekstil, dapat meningkatkan keterampilan remaja dalam pembuatan produk yang inovatif dengan biaya yang terjangkau sekaligus menjaga ekosistem lingkungan dari tumpukan limbah padat tekstil yang tidak diolah dengan baik. Karang Taruna dapat memanfaatkan produk untuk dijual kembali dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan harga di pasaran, serta dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen.  Keberlanjutan dari program ini adalah pelatihan digital marketing untuk pemasaran produk. 

Pelatihan tersebut meliputi packaging produk, pembuatan content, dan pemasaran melalui market place. Packaging produk sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan produk di pasaran dan dapat menarik minat konsumen. Pelatihan pembuatan content meliputi cara pembuatan content foto maupun video yang kreatif untuk promosi produk yang dihasilkan. Karang Taruna juga diberikan pelatihan untuk membuat market place serta pengelolaannya dalam pemasaran produk melalui digital marketing. Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan ini, Karang Taruna bisa semakin inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kemajuan pengelolaan organisasinya. 



Kategori

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: pskm@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023