image description
image
  • 2023-11-23
  • PSKM
  • 1190
  • Kegiatan Mahasiswa
Memotivasi Berwirausaha Melalui Kunjungan Industri

 (Rabu/22 Nov 2023) Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat semester III mengikuti kegiatan kunjungan industri ke Kampung Batik Giriloyo Imogiri Yogyakarta. Kunjungan ini merupakan bagian dari implementasi Mata Kuliah Kewirausahaan, yang dilaksanakan untuk melengkapi pembelajaran teori maupun praktek yang telah dilaksanakan sebelumnya. 

Sri Wahyuni, S.KM.,M.Kes., selaku Ketua Program Studi serta dosen Koordinator Mata Kuliah tersebut menjelaskan bahwa kunjungan industri telah rutin dilaksanakan dalam rangka mendukung kompetensi yang didapatkan oleh mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. Melalui kunjungan industri mahasiswa diharapkan menjadi luas wawasannya dengan mengobservasi secara langsung contoh wirausaha yang berkembang di masyarakat sejak dari inspirasi, perencanaan, marketing produk, jejaring, sampai dengan pengembangan wirausahanya. 

Dalam kunjungan ini mahasiswa mendapat paparan tentang awal berdirinya Kampung Batik Giriloyo serta strategi yang dilakukan sehingga bisa berkembang menjadi salah satu pusat batik berkelas internasional, yang didalamnya juga terdapat insight tentang bagaimana sebuah best pratice pemberdayaan masyarakat dijalankan. Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari sejak awal sampai akhir paparan, yang dilanjutkan dengan mencoba membuat produk kreasi batik. 

Sri Wahyuni menambahkan bahwa sudah ada beberapa alumni dari Prodi S1 Kesehatan Masyarakat yang memilih jalur kewirausahaan dalam membaktikan keilmuan untuk diri maupun masyarakat banyak. Hal ini bisa sebagai indikator bahwa lulusan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat selain bidang utama dalam lingkup kesehatan, mereka juga bisa sukses sebagai wirausahawan dengan tetap berprinsip pada nilai-nilai kesehatan tentunya. 

”Untuk memberikan dorongan semangat dalam berwirausaha di Prodi Kesehatan Masyarakat, selain dengan adanya kunjungan industri pada Mata Kuliah Kewirausahaan, mahasiswa juga dibimbing dan diikutkan dalam program-program hibah wirausaha, diantaranya adalah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K)” demikian pungkas Yuni. 



Kategori

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: pskm@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023