image description
image
  • 2024-06-04 00:00:00
  • PSKM
  • 132
  • Kegiatan prodi
Kontribusi Mahasiswa PSKM UNW Mensukseskan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (PSKM) UNW telah melaksanakan kegiatan praktik Pengalaman Belajar Lapangan II (PBL II). Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa Semester VI  PSKM. Dalam pelaksanaannya mahasiswa ditempatkan di Desa Ngajaran, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, untuk mengikuti tahapan kegiatan dari awal sampai dengan selesai sejak tanggal 13 Mei s.d. 3 Juni 2024. 

Tujuan dari PBL II adalah mahasiswa PSKM selaku calon tenaga ahli kesehatan masyarakat untuk bisa melaksanakan diagnosis komunitas (fokus pada masalah kesehatan) berbasiskan data primer dan sekunder, melakukan analisis akar penyebab masalah, sampai dengan melakukan intervensi solusi terhadap masalah kesehatan masyarakat di lokasi PBL Dalam kegiatan ini mahasiswa sangat merasakan manfaat bagaimana berkehidupan bermasyarakat, pendekatan terhadap berbagai stakeholders, serta mendapatkan pengalaman dalam penyelesaian masalah di komunitas. 

Selain untuk kepentingan akademik dari aspek pembelajaran untuk mahasiswa, PBL II juga digunakan sarana untuk kolaborasi dengan berbagai pihak untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Topik tentang Transformasi Layanan Kesehatan (Integrasi Layanan Kesehatan Primer) menjadi pilihan yang diambil dalam PBL ini sesuai dengan hasil konsultasi dan audiensi dengan pihak Desa, Puskesmas, serta Dinas Kesehatan. Beberapa upaya intervensi solusi akar masalah kesehatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa bekerjasama dengan masyarakat dan stakeholders antara lain: pembentukan dan pelatihan kader kesehatan, cek dan edukasi kesehatan, sosialisasi informasi inisiasi layanan integrasi Posyandu, perancangan berbagai produk media untuk layanan Posyandu (Buku Saku Kesehatan untuk Lansia dan Remaja, Kartu Pemantauan Tekanan Darah, serta berbagai Media Promosi Kesehatan). 

Kegiatan di Desa Ngajaran ini telah berakhir tanggal 3 Juni 2024, dalam sambutannya pada acara penutupan Kepala Puskesmas Tuntang (dr. Tri Wahyu Widodo) yang hadir mewakili Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran pimpinan Prodi S1 Kesehatan Mayarakat Fakultas Kesehatan UNW, dosen serta mahasiswa yang telah berupaya untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Ngajaran melalui kegiatan PBL. Semoga kegiatan yang sangat bermanfaat seperti ini, tetap berlanjut ke depannya, tidak berhenti setelah selesainya PBL 

 

https://www.youtube.com/watch?v=Gw4p1CRYKmI 

https://www.instagram.com/public_health_unw?utm_source=qr&igsh=MWh2d2hsb2F5cXVtZA== 

 

 



Kategori

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: pskm@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023