image description
image
  • 2024-05-03 00:00:00
  • PSKM
  • 309
  • Kegiatan prodi
“Fire Fighting and Rescue Training” Bersama Tim Damkar Kabupaten Semarang

Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Ngudi Waluyo melaksanakan kegiatan “Fire Fighting and Rescue Training”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam penanggulangan kebakaran dan pemadaman api. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2024 bertempat di Kampus Universitas Ngudi Waluyo. Pelatihan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang menunjang capaian pembelajaran di mata kuliah keselamatan kerja. Diharapkan peserta terkhusus mahasiswa memiliki ketrampilan dalam penanggulangan keadaan darurat seperti kebakaran dan sebagai bekal kompetensi sebelum memasuki dunia kerja. 

Acara dibuka dengan penampilan Tim Safety Induction dari mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat yang bertujuan menyampaikan informasi terkait potensi bahaya dan penanggulangannya kepada seluruh peserta pelatihan sebagai bentuk implementasi kampus yang berbudaya sehat dengan menerapkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja. 

Pelatihan ini terbagi dalam 3 sesi yaitu pemaparan materi di dalam kelas, praktik evakuasi kebakaran dan praktik pemadaman api. Dalam pemaparan materi dijelaskan terkait konsep segitiga api, faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran dan upaya penanganan saat terjadi kebakaran. Materi disampaikan oleh Bapak Suripto Budi dari perwakilan Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang. Acara selanjutnya praktik evakuasi tanggap darurat yang dilaksanakan di ruang aula lantai 2 dengan melaksanakan simulasi jika terjadi kebakaran secara tiba-tiba. Peserta terbagi menjadi tim P3K, tim penyelamat korban, tim penyelamat dokumen, petugas keamanan dan petugas K3 sebagai koordinator. 

Pada akhir acara, trainer mengingatkan kepada seluruh peserta pelatihan bahwa “Hal yang perlu diperhatikan saat terjadi kebakaran adalah tetap tenang dan jangan panik. Jika api masih kecil, carilah APAR atau kain basah untuk memadamkan api. Jika titik api tidak bisa dipadamkan, segera cari pertolongan dengan menghubungi Pemadam Kebakaran setempat dan apabila ada yang membutuhkan penanganan medis dapat menghubungi Pelayanan Kesehatan terdekat.” Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang. 



Kategori

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: pskm@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023